Indonesian  |   English  
 
 
 


Terbaik II IWIC 8

Posted: 2014-10-16

Nama Tim : Stairway Studio

Anggota : Hardian Prakasa ( Teknologi Informasi 2011) Hendrawan Adi Wijaya ( Teknologi Informasi 2011) Piter Leon Pontolumiu (Teknologi Informasi  2011)

Nama Produk : V Lens

Indosat menyelenggarakan ajang tahunan yang bertajuk Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 8 yang diselenggarakan dalam beberapa rangkaian acara. Salah satunya adalah Hackathon yang diselenggarakan pada tanggal 3-4 Oktober 2014. Kompetisi Hackathon IWIC 8 ini diikuti oleh 130 peserta yang terbagi ke dalam 51 tim, dengan setiap tim terdiri dari 1-4 orang. Para peserta tersebut adalah pengembang muda, pelaku startup lokal, mahasiswa dan anak muda dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Lampung. Pada acara yang berlangsung meriah tersebut, tim Stairway Studio dengan beranggotakan Piter Leon Pontolumiu, Hendrawan Adi Wijaya, dan Hardian Prakasa yang merupakan mahasiswa Teknologi Informasi UGM angkatan 2011 berhasil mendapatkan penghargaan Terbaik II Hackathon untuk aplikasi dengan nama V Lens.

V Lens merupakan aplikasi mobile yang menjadi sarana bagi user untuk mendapatkan informasi dari berbagai elemen Point Of Interest (POI) seperti unit bisnis, kantor, sekolah, kuliner, atau wisata. Pengelola dari POI yang telah terdaftar dapat berbagi informasi yang ingin ia sampaikan kepada user baik berupa event, promo, info, dll. User dapat mengexplore informasi dari suatu POI secara augmented reality saat ia berada di dekat lokasi POI tersebut. User dapat memberikan jejak berupa posting pada lokasi POI yang ia kunjungi. Keseluruhan informasi yang di bagikan disertai dengan informasi lokasi posting nya agar pengguna lain dapat menjelajahi informasi yang telah di share secara Augmented Reality. Perangkat yang digunakan harus memiliki fitur GPS dan sensor Magnetometer. Peluang bisnis terbuka lebar pada aplikasi ini karena pengelola POI dapat  mempromosikan secara lebih akun atau event yang mereka inginkan agar dapat tampil pada halaman utama pengguna dengan membayar kepada pihak V Lens.

Ajang hackathon dimulai Jumat 3 Oktober 2014 tepat pukul 16.30 WIB dan berakhir pada Sabtu 4 Oktober 2014 pukul 16.30 WIB, bertempat di gedung Indosat, Jakarta Pusat. Selama 24 jam penuh, peserta diharuskan untuk memilih salah satu dari tiga kategori aplikasi yaitu: Communication, Lifestyle, dan Education; Multimedia dan Games; serta Utilities (tools dan  security).

 Penilaian aplikasi dilakukan secara lengkap dan menyeluruh, para peserta melakukan demo dan presentasi didepan para juri yang terdiri dari para profesional dibidangnya, antara lain tim Indosat, tim Founder Institute, tim Harukaedu, dan wakil Kompas Gramedia. Dari hasil seleksi yang dilakukan para juri, diambilah para peserta yang memiliki aplikasi-aplikasi terbaik yang nantinya akan mendapat hadiah berupa dana puluhan juta rupiah, gadget terbaru, saldo Dompetku, dan piagam. Selain V Lens yang muncul sebagai terbaik II, adapula aplikasi Light Me Up yang menjadi terbaik I karya  Firman Azhari dan Tera Harsa yang berasal Bandung serta Helping Nurse oleh Gino sebagai terbaik III.

 
  Tentang UGM
     Sejarah Singkat
     Visi dan Misi
     Orientasi
     Makna Simbol
  Supporting Unit
     Gama Press UGM
     LPPM
     LPPT
     Library
     PPB UGM
     PSDI
     USTI JTETI
  Arsip dan ICT
     UGOS
     File Sharing
     Repositori Linux
     Kantor Arsip UGM
     Direktori Telp. UGM
     Pendaftaran Email
     Web Hosting
  SIA dan E-learninga
     HRIS UGM
     SIA UGM Terpadu
     i-elisa
     Papirus
  Research dan Publikasi
     Jounal
     E-Journal
     JNTETI
  Akademi dan Pelatihan
     Cisco Networking Academy
     Schneider Electric Training
     Microsoft Innovation Center
 
 
 
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM, Yogyakarta
Telp/Fax. +62 0274 552305/547506
Email. tute(at)te.ugm.ac.id