Indonesian  |   English  
 
 
 


Mahasiswa JTETI UGM Ambil Bagian Dalam Kizuna Project

Posted: 2014-06-16

Randhy Ramono Syamri, Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, terpilih mewakili UGM sebagai salah satu Delegasi Indonesia dalam Program Kizuna Project yang dilaksanakan di Jepang beberapa waktu yang lalu.

Kizuna Project merupakan Program Pertukaran Pelajar yang diadakan oleh Japan International Coorperation Center (JICE) yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang Indonesia. Program ini berlangsung pada tanggal 17 sd 27 Februari 2013 dan diikuti oleh 50 siswa SMA, 51 mahasiswa, dan 8 pendamping dari Indonesia. Tujuan diadakannya program ini adalah untuk menyebarkan informasi yang akurat tentang kondisi Jepang pasca gempa besar dan tsunami yang melanda Jepang 2 tahun yang lalu dan untuk menjalin ikatan (kizuna) persahabatan antar Pelajar Indonesia dan Jepang. 

Kegiatan Program Kizuna Project sebagian besar berupa kunjungan ke kota-kota yang terkena dampak bencana di provinsi Ibaraki dan Chiba dan menghadiri seminar terkait upaya rekonstruksi yang telah dilakukan masyarakat Jepang. Kunjungan pertama dilakukan di Kuil Kashima (Kashima Jingu) dan Stadion Sepak Bola Kashima di Kota Kashima. “Setelah selesai direnovasi beberapa waktu yang lalu, Stadion Sepak Bola Kashima dipersiapkan untuk menjadi lokasi evakuasi. Stadion ini mampu menampung seluruh Warga Kashima, sekitar 60.000 orang, dan disini terdapat dua buah tangki air minum yang sangat besar yang dipersiapkan sebagai cadangan air minum saat terjadi bencana.” jelas Randhy.

Lokasi kunjungan berikutnya adalah Kota Sawara. Sawara merupakan kota yang dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah Jepang, salah satu alasannya adalah karena penduduk kota ini menjaga rumah-rumah mereka tetap seperti bentuk aslinya sejak Zaman Edo. “Hal yang paling menarik kota ini adalah bangunan-bangunan tradisionalnya mampu bertahan dari Gempa Besar Jepang sementara bangunan-bangunan modern lainnya hancur.” tambah Randhy.

Lokasi kunjungan berikutnya adalah ke Pabrik Pusat KAO dan Kuil Choonji di Kecamatan Hinode yang mengalami kerusakan akibat pencairan tanah (liquefaction). Kunjungan terakhir adalah Honjo Bosaikan atau Life Learning Center. Tempat ini merupakan tempat yang dirancang khusus untuk pelatihan tanggap bencana. Di sana terdapat beberapa alat simulasi bencana antara, lain : simulasi gempa, simulasi banjir, dan simulasi kebakaran.

Selain kunjungan ke berbagai lokasi bencana, peserta Kizuna Project juga mengikuti kegiatan pertukaran seni dan budaya dengan warga setempat, yaitu dengan Pelajar SMA Itako dan Warga Kota Itako. Di SMA Itako peserta belajar beberapa Kesenian Jepang, antara lain :  kaligrafi (Shodo), seni melipat kertas (Origami), dan memasak Kue khas Jepang Wagashi, serta menyaksikan Bela Diri Kyudo dan Kendo. Selanjutnya, peserta Kizuna diajarkan cara menganyam Bunga Ayame, bunga khas Kota Itako, dan diperbolehkan mengikuti upacara minum teh oleh ibu-ibu PKK Kota Itako.

“Isu tentang Jepang tidak aman untuk dikunjungi tidaklah benar. Pemerintah Jepang telah melakukan penelitian mengenai tingkat radiasi di kota-kota di luar provinsi Fukushima dan diketahui bahwa tingkat radiasinya masih tergolong aman, sehingga kita tidak perlu takut untuk berkunjung atau belajar ke Jepang.” tutup Randhy.

 
  Tentang UGM
     Sejarah Singkat
     Visi dan Misi
     Orientasi
     Makna Simbol
  Supporting Unit
     Gama Press UGM
     LPPM
     LPPT
     Library
     PPB UGM
     PSDI
     USTI JTETI
  Arsip dan ICT
     UGOS
     File Sharing
     Repositori Linux
     Kantor Arsip UGM
     Direktori Telp. UGM
     Pendaftaran Email
     Web Hosting
  SIA dan E-learninga
     HRIS UGM
     SIA UGM Terpadu
     i-elisa
     Papirus
  Research dan Publikasi
     Jounal
     E-Journal
     JNTETI
  Akademi dan Pelatihan
     Cisco Networking Academy
     Schneider Electric Training
     Microsoft Innovation Center
 
 
 
Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM, Yogyakarta
Telp/Fax. +62 0274 552305/547506
Email. tute(at)te.ugm.ac.id